Ke Mana Sisa Uangnya?

Lembu JawaSaat iseng membuka arsip-arsip lama, eh ternyata menemukan soal cerita yang berkaitan dengan materi matematika. Kuposting saja soal ini, siapa tahu ada yang bisa memecahkan permasalahannya, sehingga terjadi pembahasan dalam diskusi yang menarik.

Nah, selamat berpusing-pusing memikirkan jawaban soal di bawah ini:.

Ada 1 ekor sapi harganya Rp 7.500.000,00 dan ada 3 pemuda yang mau membeli sapi tersebut… Berarti masing-masing orang mengumpulkan @ Rp 2.500.000,00, sehingga terkumpul uang Rp 7.500.000,00 sesuai harga jual.
Nah… uang itu lalu diberikan kepada seorang calo sejumlah Rp 7.500.000,00. Namun, calo itu ternyata memberikan uang kepada pedagang sapi sejumlah Rp 7.000.000,00 (dipotong Rp 500.000,00).
Lalu, uang Rp 500.000,00 itu dibagikan kepada 3 pemuda tadi @ Rp 100.000,00. Jadi, masih sisa uang Rp 200.000,00 untuk keuntungan si calo.
Nah, di sinilah permasalahannya…
Berarti masing-masing pemuda mendapat uang kembalian Rp 100.000,00 ya, kan? Atau dengan kata lain, uang yang dikumpulkan oleh masing-masing pemuda Rp 2.500.000,00 – Rp 100.000,00 = Rp 2.400.000,00.
Berarti masing-masing pemuda harus membayar @ Rp 2.400.000,00 .
Dengan perhitungan matematikanya : 3 X Rp 2.400.000,00 = Rp 7.200.000,00.
Jadi, keseluruhan uang yang terkumpul:
Rp 7.200.000,00 (uang 3 pemuda) + Rp 200.000,00 (uang untuk calo) = Rp 7.400.000,00.

Pertanyaannya: Ke mana sisa uang yang Rp 100.000,00?

~ oleh Lina Rahma pada Desember 12, 2013.

7 Tanggapan to “Ke Mana Sisa Uangnya?”

  1. Buat beli es di jalan, kan capek abis jualan sapi😀

  2. Uang sisanya ya nggak ke mana-mana, masih di kantong calo itu….. bukan begituuu ya Teeh. Lha kalo jawaban secara matematis kaya gini, sisa uang kan Rp 500.000, seharusnya dibagi 4 orang, yaitu 3 pemuda tadi dan si Calo, sehingga tiap orang mendapat jatah bagian Rp 125.000, karena baiknya 3 pemuda tadi hanya mengambil jatah Rp.100.000, sehingga terkumpul sisa dari 3 pemuda tadi 3 x Rp 25.000 = Rp 75.000, ditambah jatah miliknya si calo Rp 125.000, sehingga total yang di calo menjadi Rp 200.000 ….

    Itu sih menurut saya yang pasti betul dan betul… sesuai pendapat saya…

  3. hemmmmm…
    Memang…. Kalau dipikir terus menjadi,…
    MAkin TEkun MAkin TIdak KAruan….
    Ya… yang seratus ribu buat jajan aja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: